DEFINISI DAN PERBEDAAN WORKBOOK DAN WORKSHEET PADA MICROSOFT OFFICE EXCEL


Pada Postingan sebelumnya kita telah mengenal tentang Tampilan antar muka Misrosaft Excel 2016 beserta fungsinya walaupun tidak secra keseluruhan. Untuk Postingan kali ini yaitu tentang pengertian dan perbedaan Workbook (Buku Kerja) dan Worksheet (Lembar Kerja) pada Microsaoft Office Excel.

Sebelum kita mengenal Microsaoft Excel mungkin sebagian besar dari kita telah mengenal Microsoft Word terlebih dahulu sebagai bagian dari paket Aplikasi Microsoft Office yang memang fungsinya lebih diperuntukkan untuk menulis dokumen-dokumen dalam susunan paragraf-paragraf kalimat sesuai kebutuhan.

Meskipun keduanya sama-sama bisa digunakan untuk membuat Dokumen, namun fungsi dasar Microsoft Excel berbeda dari Microsoft word. Microsoft Word lebih difungsikan untuk mengolah kata sedangkan Microsoft Excel digunakan untuk mengolah angka.

Tampilan Area kerja Microsoft Word merupakan lembaran-lembaran seukuran kertas cetak untuk mengulah data yang berupa kata, sedangkan Microsoft Excel dibagi ke dalam beberapa bagian yang pada masing-masing bagiannya dibagi lagi menjadi bagian lebih kecil untuk mempermudah kita melakukan pengolahan data yang sebagian besar merupakan Angka.

Definisi Workbook dan Worksheet

Workbook atau Buku kerja adalah tempat atau area dimana kita melakukan semua aktifitas utama pada Microsoft Excel secara keseluruhan yang di dalamnya ada 1 Worksheet atau lebih, sehingga bisa diartikan Workbook adalah kumpulan dari Worksheet.

Worksheet atau Lembar kerja adalah bagian dari Workbook dimana kita memasukkan data, membuat tabel, membuat chart, dan lain sebagainya atau bisa diartikan bagian lebih kecil dari Workbook.

Jika Workbook atau Buku kerja Microsoft Excel merupakan sebuah Buku maka Worksheet atau lembar kerja  merupakan halaman-halaman dari buku tersebut.


Sebuah Worksheet dimulai dengan nomor baris (Row) 1 dan kolom (Column) A. Setiap Cell dapat berisi Angka, Teks atau Formula. Sebuah Cell juga mungkin berdasarkan referensi dari Cell lain dalam worksheet yang sama, Workbook yang sama atau Workbook yang berbeda. Lembar kerja Microsoft Excel yang disebut worksheet terbagi dalam Baris dan Kolom pertemuan antara baris dan Kolom disebut dengan Cell.

Secara defaut pada umumnya Microsoft Excel menyediakan 3 Worksheet yang diberi nama Sheet1, Sheet2 dan Sheet3, namun pada Microsoft Excel 2016 hanya terdiri dari 1 Worksheet. Dengan adanya Worksheet maka kita akan lebih mudah dalam melakukan menejemen set Data pada File Excel yang kita buat. Misalnya pada sheet1 kita isi dengan Data pengeluaran, sheet2 kita isi data pemasukan sedangkan pada sheet3 kita gunakan sebagai tempat menyusun laporannya.

Menambah Worksheet Baru

Untuk menambah sebuah Worksheet bisa dilakukan dengan klik tanda plus (+) yang ada disebelah Tab worksheet.


Cara lainnya adalah dengan menuju Tab Home--Group Cells--Insert lalu pilih Insert Sheet.


Jumlah Worksheet yang bisa kita tambahkan tidak dibatasi selama Komputer yang kita gunakan mampu menanganinya.

Menghapus Worksheet

Jumlah Worksheet standar yang muncul ketika membuka program Microsaoft Excel adalah 3, namun Jika tidak diperlukan kita bisa menghapus satu atau beberapa Worksheet dan hanya menyisakan satu Worksheet saja.

Untuk menghapus worksheet adalah dengan klik kanan pada Nama Worksheet yang akan dihapus kemudian pilih menu Delete.


Cara kedua adalah menghapus melalui menu Delete Sheet yang ada di Tab Home--Group Cells--Delete.


Jika dalam Sheet tersebut terdapat Data tertentu maka akan muncul sebuah pesan peringatan yang menyatakan bahwa Sheet akan dihapus secara permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Mengubah Urutan Worksheet

Untuk merubah posisi urutan Worksheet kita bisa melakukan dengan cara klik dan tahan Worksheet yang akan dipindahkan, kemudian tarik dan posisikan pada urutan yang dikehendaki pada tab Worksheet.

Menyembunyikan Dan Menampilkan Worksheet

Cara menyembunyikan Worksheet tertentu adalah dengan klik kanan pada nama Worksheet kemudian pilih menu Hide.


Sedangkan untuk menampilkan Worksheet yang tersembunyi caranya dengan klik kanan pada bagian salah satu nama Worksheet yang ada di Tab Worksheet, lalu pada menu yang muncul pilih Unhide. Dari daftar atau list Worksheet yang tersembunyi pilih saLah satu yang akan ditampilkan kemudian klik OK.


Merubah Nama Worksheet

Penamaan Worksheet ini tidaklah harus dilakukan, akan tetapi jika Worksheetnya cukup Banyak maka akan sangat perlu dilakukan agar kita bisa dengan mudah dalam mencarinya. Caranya dengan melakukan klik kanan lalu pada salah satu wroksheet yang akan kita rubah namanya kemudian pada contextual menu yang muncul pilih Rename. 


Hal ini bisa juga kita lakukan dengan cara yang lebih mudah yakni dengan melakukan double klik pada nama Worksheet dan ketikkan nama yang kita inginkan.

Demikian penjelasan tentang Definisi dan Perbedaan Workbook dan Worksheet kali ini, semuga bisa kita fahami dan bermanfaat. Aamiin...



Click here to Download