Mengenal Icon Tab Menu Page Layout dan Fungsinya pada Microsoft Excel 2016


Pada Postingan sebelumnya kita telah belajar/mengenal tampilan Microsoft Office Excel 2016 beserta fungsinya, dan untuk Materi/Postingan kali ini saya akan memperkenalan bagian-bagian Menu Bar yang terdiri dari Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View dan Help secara lebih spesifik.

Untuk bagian KETIGA ini yaitu tentang Tab Menu Page Layout yang terdiri dari Lima Group yaitu, Themes, Page Layout, Scale to Fit, Sheet options dan Arrange seperti pada gambar di bawah ini

Group Themes

Pada Group Menu ini kita bisa memilih dan mengatur Tema halaman yang telah disiapkan oleh Microsoft excel sendiri termasuk warna, fontnya serta efek tampilan halaman tersebut sehingga menjadi lebih menarik lagi.


NO. ICON/SUBMENU FUNGSI
1 Themes Untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya
2 Colors Untuk mengatur warna tema halaman
3 Fonts Untuk merubah font tampilan
4 Effects Untuk merubah/memberi effects tampilan

Page Layout

Pada Group ini kita bisa mengatur lembar kerja yang akan kita gunakan untuk membuat sebuah Dokumen sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita, seperti ukuran kertas dan batas tulisan dari semua sisi lembar kerja (Margin).


NO. ICON/SUBMENU FUNGSI
1 Margins Untuk merubah atau menentukan batas lembar Kertas
2 Orientation Untuk menentukan /mengubah posisi kertas, portrait (tegak) ataupun landscape (miring)
3 Size Untuk mengatur ukuran Kertas
4 Print Area Untuk menentukan luas area yang akan dicetak
5 Breaks Untuk memutuskan halaman/mengosongkan halaman bawah, sehingga berada pada halaman berikutnya
6 Background Untuk memberi background gambar pada lembar kerja
7 Print Title Untuk menentukan baris yang akan dicetak berulang-ulang

Scale to Fit

Pada Group Scale to Fit ini kita bisa mengatur lembar kerja untuk peroses pencetakan atau print seperti prosentase skala untuk cetak.


NO. ICON/SUBMENU FUNGSI
1 Width Untuk menentukan skala lembar kerja pada hasil printout (berdasarkan lebarnya)
2 Height Untuk menentukan skala lembar kerja pada hasil printout (berdasarkan tingginya)
3 Scale Untuk menetukan skala lembar kerja pada hasil printout

Sheet options

Di Group ini kita bisa mengatur Sheet lembar kerja yang akan kita kerjakan sesuai dengan selera kita


NO. ICON/SUBMENU FUNGSI
1 Gridlines Untuk menentukan apakah garis pandu pada lembar kerja akan ditampilkan atau tidak
2 Headings Untuk menentukan apakah nama kolom dan baris pada lembar kerja akan ditampilkan atau tidak

Arrange

Sedangkan untu Group yang terakhir ini kita bisa gunakan untuk mengatur Objek yang kita masukkan pada lembar kerja yang sedang kita buat misalnya Gambar, Shape dan lain-lain.


NO. ICON/SUBMENU FUNGSI
1 Bring forward Untuk meletakan Objek pada posisi paling depan
2 Send Backward Untuk meletakan Objek pada posisi paling belakang
3 Selection Pane untuk menampilkan kotak dialog selection pane
4 Align Untuk menata align antar Objek
5 Group Untuk menjadikan beberapa Objek menjadi satu group
6 Rotate Untuk memutar Objek

Demikian Pengenalan singkat tentang Icon Tab Menu Page Layout dan Fungsinya pada Microsoft Excel 2016 ini semuga bermanfaat. Aamiin...


Click here to Download