CARA MENJUMLAH, MENGURANGI, MENGALIKAN DAN MEMBAGI PADA MICROSOFT EXCEL


Dalam Microsoft Excel banyak sekali Rumus dan Fungsi khusus yang bisa kita gunakan untuk pengulahan data sehingga bisa mempermudah pekerjaan kita, diantaranya adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Untuk postingan kali ini kita akan belajar cara melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada Microsoft Excel 2016.

Microsoft Excel telah menyediakan fungsi khusus untuk melakukan penjumlahan dan perkalian, akan tetapi untuk pengurangan dan pembagian tidak ada melainkan menggunakan operator minus (-) untuk pengurangan dan operator slash atau garis miring (/) untuk pembagian.

Pertanyaannya adalah kenapa Microsoft Excel tidak menyediakan Rumus pengurangan dan pembagian ? Jawabannya adalah saya tidak tahu juga he he he…

Rumus Penjumlahan Excel

Dalam melakukan pemjumlahan pada Microsoft Excel kita bisa menggunakan beberapa cara
  1. Menggunakan operator plus atau tanda (+), ini merupakan cara yang paling dasar untuk melakukan pemjulahan, Rumus pemjumlahan sama dengan yang biasa kita lakukan pada umumnya. Misalnya angka 190,112,150,59 dan 97 maka Rumusnya adalah =190+112+150+59+97, akan tetapi ketika kita melakukan penjumlahan di Microsoft Excel kita cukup menuliskan nama Cell-nya saja seperti pada gambar berikut.Jadi Rumus pada Cell C7 adalah =C2+C3+C4+C5+C6
  2. Menggunakan fungsi SUM, cara ini merupakan cara yang paling banyak digunakan karena lebih simple apalagi kalau Data yang ingin kita jumlahkan banyak dan berurutan, Rumusnya adala =SUM (… : …)
    Jadi Rumus pada Cell D7 adalah =SUM(D2:D6)
Ada beberapa fungsi lagi yang bisa kita gunakan untuk melakukan penjumlahan, antara lain :


NO. FUNGSI/RUMUS KEGUNAAN
1 Fungsi SUMIF Menjumlah data berdasarkan sebuah kriteria atau syarat tertentu
2 Fungsi SUMIFS Menjumlahkan data berdasarkan lebih dari satu kriteria atau syarat (Banyak kriteria)
3 Fungsi SUBTOTAL Menjumlahkan data yang terlihat saja (Mengabaikan Baris tersembunyi)
4 Fungsi SUMPRODUCT Menjumlahkan hasil perkalian argumen-argumen yang ditentukan
5 Fungsi COUNT Mengetahui banyak data bertipe numeric (non text)
6 Fungsi COUNTA Mengetahui jumlah sel yang tidak kosong pada sebuah range data

Rumus Pengurangan Excel

Rumus Pengurangan pada Microsoft Excel ini bisa kita lakukan dengan menggunakan operator minus (-) seperti pengurangan pada umumnya, misalnya angka 192 dikurangi 78 maka Rumusnya adalah =192-78.
Jadi Rumus pada Cell E2 adalah =C2-D2

Rumus Perkalian Excel

Rumus perkalian dalam Microsoft Excel kita bisa menggunakan operator asterik atau tanda Bintang (*). Seperti halnya penjumlahan perkalian juga mempunya rumus khusus dalam melakukan perkalian Data pada Microsoft Excel.

  1. Operator asterik atau tanda Bintang bisa kita gunakan untuk melakukan perkalian dengan Rumus sederhananya adalah =… * … . perhatikan Gambar berikut.
    Jadi Rumus pada Cell E2 adalah =C2*D2
  2. Selain menggunakan operator asterik dalam melakukan perkalian Microsoft Excel juag menyediakan sebuah fungsi khusus untuk mengalikan data, yakni fungsi PRODUCT. Misalnya untuk mengalikan Cell C4 dan D4 pada contoh Gambar di bawah ini
    jadi Rumus pada Cell E4 adalah =PRODUCT(C4:D4)

Rumus Pembagian Excel

Untuk melakukan pembagian pada Microsoft Excel secara sederhana kita bisa menggunakan operator slash atau garis miring(/). Misalnya pada Gambar di bawah ini, Cell C2 dengan Cell D2.
Jadi Rumus pada Cell E2 adalah =C2/D2

Pada Rumus pembagian ini angka tidak boleh di bagi dengan nol (0), jika ini terjadi maka akan menghasilkan nilai error #DIV/0.

Apakah pengurangan, perkalian dan pembagian pada Microsoft Excel bisa menggunakan fungsi SUM ?

Jawabanya adalah bisa, akan tetapi tetap harus menggunakan operator minus (-) untuk pengurangan, operator asterik atau tanda Bintang (*) untuk perkalian dan operator slash atau garis miring untuk pembagian, seperti gambar-gambar berikut ini.

 Rumus pada Cell E3 adalah =SUM(C3-D3)
 Rumus pada Cell E3 adalah =SUM(C3*D3)
Rumus pada Cell E3 adalah =SUM(C3/D3)

Catatan

Pada setiap Rumus maupun Fungsi pada Microsoft Excel akan selalu menggunakan tanda sama dengan (=) di awal Rumus ataupun Fungsi seperti contoh-contoh di atas.

Demikian penjelasan kali ini tentang penjumlahan, penguranga, perkalian dan perkalian, jika seumpama penjelasan singkat ini masih ada yang kurang atau sulit difahami silahkan ditanyakan di kolom komentar dan mari kita pelajari dan diskusikan bersama. Semuga yang sedikit ini bermanfaat dan barokah. Aamiin…


youtube image
Click here to Download