MENGENAL TAMPILAN MICROSOFT OFFICE EXCEL 2016


Microsoft Excel merupakan sebuah Aplikasi lembar kerja atau Spreadsheet yang fungsi utamanya adalah untuk mengolah Data, menyimpan, mengatur dan menganalisa Informasi. Dengan adanya banyak Fitur yang ada pada Microsoft excel ini kita bisa mengembangkannya menjadi sebuah Aplikasi yang dimanfaatkan sesuai keinginan, kebutuhan serta perintah kita.

Dengan mempelajari, mengetahui serta bisa menggunakan Microsoft Excel, maka segala pekerjaan yang berhubungan dengan Data-data akan dapat kita kerjakan dengan mudah, seperti mengatur anggaran, mengorganisir log pelatihan, membuat faktur, membuat laporan keuangan dengan hitungan yang akurat dan tidak diragunakan lagi.

Sejak dikenalkannya Microsoft Office Excel versi 2007, ada banyak perubahan dalam hal tampilan ketimbang versi sebelumnya, Sedangkan pada versi-versi selanjutnya hanya terdapat sedikit perubahan dari versi 2007. Jika kita sebelumnya pernah menggunakan Excel 2007, Excel 2010 atau Excel 2013, maka Excel 2016 tidak jauh berbeda, jadi cukup meluangkan sedikit waktu kita untuk mengakrabkan diri dengan antarmuka Excel 2016.

Sejak diluncurkannya versi excel 2013, Microsoft mulai memperkenalkan Startscreen atau tampilan awal seperti gambar dibawah ini saat kita pertama kali membuka Aplikasi Microsoft Office Excel.


Tampilan start screen ini di bagi dalam 2 panel seperti pada Gambar di atas.

  1. Pada Panel Sebelah kiri kita akan temukan daftar dari file-file excel yang baru kita buka sebelumnya, selain itu kita akan temukan sebuah tombol atau menu Open Other workbooks yang ada dibagian bawah Panel, Menu ini bisa kita fungsikan untuk memilih file tersimpan jika tidak tampil pada Daftar file di atasnya.
  2. Pada Panel sebelah kanan terdapat defaut template yang tersedia, namun Jika tempalte yang kita butuhkan tidak ada, kita bisa menggunakan kotak pencarian pada bagian atas untuk melakukan pencarian template excel dari database yang dimiliki oleh Microosft Office Excel secara online.

Untuk membuka File baru kita tinggal klik/pilih pada daftar pertama yang bernama Blank Workbook. Selain memilih template blank workbook kita juga bisa menggunakan shortcut Ctrl + N untuk membuka file kosong baru.

Tampilan Microsoft Office Excel 2016 tampak seperti Gambar di bawah ini...

  1. Quick Tool Bar, Berfungsi untuk memudahkan pengguna menyimpan dan menggunakan tool lain yang telah di set di dalamnya.
  2. Title Bar, Berfungsi menampilkan nama file yang sedang dibuka
  3. Menu Bar, Berfungsi sebagai alat pengolah file, seperti yang terlihat di gambar, Menu bar memiliki beberapa bagian menu, diantaranya Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Design, Review, dan View.
  4. Windows Control, Berfungsi untuk Maximize (membuka lembar kerja keseluruhan), Miniimize (mengecilkan lembar kerja), Help (memunculkan opsi bantuan, kamu juga bisa memunculkan menu help/bantuan dengan menekan tombol F1, Ribbon (berfungsi untuk meng hide atau memunculkan sub menu)
  5. Ribbon, Ribbon berisi semua perintah yang diperlukan untuk melakukan tugas umum di Excel. Ini memiliki banyak tab, masing-masing tab dengan beberapa kelompok perintah..
  6. Name Box, Berfungsi untuk menunjukkan dimana posisi Cell berada, atau menampilkan lokasi pointer telah di klik, misalnya kamu mengklik cel B5 maka name box akan menampilkan nama tersebut.
  7. Formula Bar, Berfungsi untuk menampilan Formula (rumus) yang telah diketikkan, atau bisa juga diartikan sebagai penjelas Informasi terhadap salah satu Cell yang telah dipilih.
  8. Hiden Ribbon Control, Seperti Ribbon, fungsinya menyembunyikan Sub menu dan halaman kerja Microsoft Office Excel.
  9. All Select, Fungsinya seperti Ctrl + A yaitu untuk memilih seluruh isi yang ada di lembar kerja
  10. Cell, adalah sebuah kotak kecil pada worksheet yang merupakan titik pertemuan antara Row dan Column..
  11. Colom,  Deretan kebawah (vertical)
  12. Row, Deretan kesamping (Horisontal)
  13. Top Vertical Scroll Bar, jika ini di klik maka anda akan dibawa ke atas halaman kerja Microsoft Office Excel.
  14. Down Vertical Scroll Bar, jika ini di klik maka anda akan dibawa ke bawah halaman kerja Microsoft Office Excel.
  15. Sheet Control, Ketika di klik bagian kiri maka Sheet berpindah ke kiri satu langkah, begitu kebalikannya jika di klik bagian yang kanan.
  16. Sheet Active, menunjukan halaman kerja yang aktif pada Microsoft Office Excel.
  17. Plus Sheet, Menambah satu halaman kerja lagi di sisi sebelah kanan Sheet 1, Sheet 2,Sheet 3,Sheet 4 dan seterusnya
  18. Left Horizontal Scroll Bar, jika di klik makan anda akan dibawa ke bagian kiri halaman kerja yang sebelumnya tidak terlihat.
  19. Right Horizontal Scroll Bar, jika di klik makan anda akan dibawa ke bagian kanan halaman kerja yang sebelumnya tidak terlihat.
  20. View Mode Tool Bar, Memberikan tampilan yang berbeda sesuai dengan format model tampilan yang di klik.
  21. Zoom Control, memberikan kontrol kepada penggunaan microsoft excel 2013 untuk memperbesar tampilan lembar kerja.
Demikian Postingan kali ini tentang Pengenalan Microsoft Office Excel 2016, semuga bisa difahami dan bisa bermanfaat. Aamiin...
Click here to Download