MENGENAL TAMPILAN MICROSOFT OFFICE WORD 2016


Microsoft Word Adalah Aplikasi pengolah kata yang merupakan bagian dari Microsoft Office dan banyak sekali fungsinya dalam pembuatan Dokumen , termasuk Surat, Resume, dan lain-lain. Dalam Postingan kali ini, saya akan mengenalkan tampilan antar muka Microsoft Word versi 2016. Mungkin bagi kebanyakan Orang Microsoft Word tidak asing lagi, namun tidak ada salahnya saya mengenalkan ini khususnya bagian-bagian dari tampilan Microsoft Word, nama-nama dan fungsinya.

Microsoft Word 2016 mirip sekali dengan Microsoft Word 2013 dan Microsoft Word 2010. Jika sebelumnya kita telah terbiasa menggunakan versi sebelum Microsoft Word 2010, maka kita perlu meluangkan waktu untuk mengenal dan lebih akrab dengan antarmuka Microsoft Word 2016.

Antarmuka Microsoft Word



Ketika kita membuka Microsoft Word 2016 untuk pertama kalinya, maka akan muncul Start Screen yang terdiri dari 2 Panel. Panel yang pertama/sebelah kiri kita akan menemukan File-file yang baru saja di edit, jika kita tidak menemukannya maka kita bisa mengklik tombol Open Other Dokuments yang terletak pada bagian bawah panel sebelah kiri. Sedangkan untuk Panel kedua/sebelah kanan kita bisa membuka Buku kerja baru yang bertuliskan Blank Dokument atau bisa memilih Template yang sudah disediakan oleh Aplikasi. Kalaupun di antara daftar Template tidak ada kita bisa menggunakan menu pencarian Template di sebelah atas dengan syarat herus online.

Tampilan Microsoft Office Word 2016 tampak seperti Gambar di bawah ini


  1. Quick Access Toolbar: Quick Access Toolbar memungkinkan Anda mengakses perintah-perintah umum dengan cepat, secara default di dalamnya termasuk Save, Undo, dan perintah Repeat.
  2. Title Bar, Berfungsi menampilkan nama file yang sedang dibuka
  3. Menu Bar, Berfungsi sebagai alat pengolah file, seperti yang terlihat di gambar, Menu bar memiliki beberapa bagian menu, diantaranya Home, Insert, Design, Layout, References, Mailing, Review, dan View.
  4. Windows Control, Berfungsi untuk Maximize (membuka lembar kerja keseluruhan), Miniimize (mengecilkan lembar kerja), Help (memunculkan opsi bantuan, kamu juga bisa memunculkan menu help/bantuan dengan menekan tombol F1, Ribbon (berfungsi untuk meng hide atau memunculkan sub menu)
  5. Ribbon, Ribbon berisi semua perintah yang diperlukan untuk melakukan tugas umum di Microsoft Word. ia memiliki banyak tab, masing-masing tab dengan beberapa kelompok perintah.
  6. Hiden Ribbon Control, Seperti Ribbon, fungsinya menyembunyikan Sub menu dan halaman kerja Microsoft Office Word.
  7. Top Vertical Scroll Bar, jika ini di klik maka anda akan dibawa ke atas halaman kerja Microsoft Office Word.
  8. Down Vertical Scroll Bar, jika ini di klik maka anda akan dibawa ke bawah halaman kerja Microsoft Office Word.
  9. View Mode Tool Bar, Memberikan tampilan yang berbeda sesuai dengan format model tampilan yang di klik.
  10. Zoom Control, memberikan kontrol kepada penggunaan microsoft excel 2016 untuk memperbesar tampilan lembar kerja.
Demikian Postingan kali ini tentang Pengenalan Microsoft Office Word 2016, semuga bisa difahami dan bisa bermanfaat. Aamiin...

TONTON VERSI VIDEONYA

youtube image
Click here to Download