Mengenal Icon Tab Menu References dan Fungsinya pada Microsoft Word 2016



Pada Postingan sebelumnya kita telah belajar/mengenal tampilan Antarmuka Microsoft Office Word 2016 beserta fungsinya, dan untuk Materi/Postingan kali ini saya akan memperkenalan bagian-bagian Menu Bar yang terdiri dari Home, Insert, Design, Layout, References, Mailing, Review, dan View secra lebih spesifik.

Untuk bagian KELIMA ini yaitu tentang Tab Menu References yang terdiri dari enam Group yaitu, Table of Contents, Footnote, Citations & Bibliography, Captions, Index dan Table of Authorities seperti pada gambar di bawah ini.



Group Table of Contents ini secara umum berfungsi untuk mengelola daftar isi dengan beberapa bentuk yang telah disediakan oleh Microsoft Word, icon sebagai berikut :


NO. ICON/SUB MENU FUNGSI
1 Table of Contents Memilih dan mengatur daftar isi otomatis
2 Add Text Menambahkan teks dalam paragraf terpilih ke dalam format daftar isi otomatis yang telah dibuat˙sesuai dengan level yang diinginkan
3 Update Table Memperbarui bentuk daftar isi otomatis (ikon ini biasanya digunakan ketika terdapat perubahan˙secara manual/tidak otomatis pada daftar isi otomatis yang telah dibuat sehingga membutuhkan penyesuaian dengan perubahan˙terbaru)

2. Footnotes

Pada Group ini berfungsi untuk menyisipkan dan mengelola berbagai macam model rujukan seperti cacatan kaki atau Footnote dan sejenisnya. Icon-icon-nya sebagai berikut:



NO. ICON/SUB MENU FUNGSI
1 Insert Footnote Menambahkan rujukan yang berupa cacatan kaki dan terletak di bagian bawah halaman
2 Insert Endnote Menambahkan rujukan yang berupa cacatan di akhir dokumen
3 Next Footnote Memantau footnote dan endnote yang ada secara berurutan (ikon ini akan berefek maksimal˙apabila jumlah footnote ataupun endnote lebih dari 1 (satu), urutan pemantauan dapat dilakukan dengan urutan maju atau mundur˙sesuai dengan isi tombol down arrrow yang ada
4 Show Notes Menampilkan letak footnote ataupun endnote yang telah ditambahkan sebelumnya

3. Citations & Bibliography

Kegunaan atau fungsi pada group ini adalah untuk menyisipkan dan mengelola kutipan langsung. Fungsi Icon-icon-nya sebagai berikut:



NO. ICON/SUB MENU FUNGSI
1 Insert Citations Menambahkan kutipan secara langsung pada area dimana kursor aktif
2 Manage Sources Mengelola semua sumber kutipan yang telah ditambahkan sebelumnya pada dokumen microsoft word˙yang sedang aktif
3 Style Memimilih model/gaya penulisan kutipan langsung sesuai dengan keinginan
4 Bibliography Menambahkan dan mengelola daftar pustaka ke dalam dokumen microsoft word yang sedang aktif

4. Caption

Fungsi utamanya untuk menambahkan dan mengelola keterangan Gambar sehingga Dokumen yang kita dibuat lebih menarik dan mudah dipahami. Berikut ini fungsi masing-masing Icon :



NO. ICON/SUB MENU FUNGSI
1 Insert Caption Memberikan keterangan pada ilustrasi atau objek yang telah ditambahkan
2 Insert Table of Figures Menambahkan daftar gambar yang ada dalam dokumen
3 Update Table Memperbarui daftar gambar yang telah dibuat sebelumnya
4 Cross-refrence Menambahkan daftar rujukan secara cepat dengan memilih rujukan yang diinginkan pada daftar˙rujukan yang telah ada. Istilah cross-refrence juga dikenal dengan referensi silang

5. Index

Dengan memanfaatkan Icon-icon pada Group Index ini kita bisa memberikan tanda pada sumber rujukan, daftar kata juga dapat dikelola dengan baik. Adapun Icon-icon yang terdapat dalam group ini adalah sebagai berikut:



NO. ICON/SUB MENU FUNGSI
1 Mark Entry Memberikan tanda terhadap masukan (sumber) baru dalam dokumen
2 Insert Index Menambahkan indeks atau daftar kata ˙ke dalam dokumen
3 Update Index Memperbarui daftar kata atau indeks yang ada

6. Table of Authorities

Group yang satu ini bisa kita fungsikan untuk mengelola daftar isi, daftar gambar, daftar kata dan dalam hal ini kita diberikan otoritas untuk melakukan pengaturan berbagai daftar tersebut. Icon-icon dan fungsinya sebagai berikut :



NO. ICON/SUB MENU FUNGSI
1 Mark Citation Menandai dan mengelola teks yang telah dipilih dengan memanfaatkan perintah-perintah yang˙terdapat di jendela mark citation
2 Insert Table of Authorities Menambahkan daftar authorities pada dokumen microsoft word
3 Update Table Memperbarui daftar authorities sehingga sinkron dengan kondisi terkini

Demikian Pengenakan singkat tentang Mengenal Icon Tab Menu References dan Fungsinya pada Microsoft Word 2016 ini semuga bermanfaat. Aamiin...

VIDEO PILIHAN BUAT ANDA

youtube image

Click here to Download